Wuhan Terisolasi, Virus Corona Mematikan Sudah Menyebar!

 Wuhan Terisolasi, Virus Corona Mematikan Sudah Menyebar!

Kondisi Rumah Sakit di Wuhan (internasional.sindonews.com)

Populasi penduduk dunia terancam dengan virus corona yang menyerang kota Wuhan, China. Sejak Kamis lalu (23/01/2020), kota Wuhan sudah resmi ditutup dan diisolasi pemerintah. Menyeramkan lagi virus corona mematikan tersebut sudah menyebar ke 13 negara. Seperti Malaysia, Kanada, Thailand, Nepal, Prancis, Australia, Amerika Serikat, Vietnam, Singapura, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan. Virus yang diduga berasal dari sup kelelawar khas Wuhan ini belum ditemukan obatnya.

Korban Jiwa di China Terus Meningkat

Hasil Pemeriksaan Laboratorium Penderita Corona
Hasil Pemeriksaan Laboratorium Penderita Corona (bantennews.co.id)

Sejak diketahui penyebaran virus ini (10/01/2020) semakin lama banyak warga China yang terinfeksi. Tercatat sampai dengan Minggu pagi (26/01/2020) warga China yang meninggal karena virus corona mematikan mencapai 56 jiwa dan menginfeksi lebih dari 1.500 orang.

Penyebaran virus baru ini sangat cepat dari bersentuhan tangan dan bertatapan mata. Dampaknya pemerintah China menetapkan sebagai kondisi genting dan membatasi seluruh perjalanan menuju China. Namun, tetap saja beberapa orang melakukan perjalanan dengan bus dan kereta api di China.

Seorang Dokter Meninggal Terjangkit Virus Corona

Tim Medis Menangani Pasien Terjangkit Coronavirus
Tim Medis Menangani Pasien Terjangkit Coronavirus (kaltimtoday.co)

Virus corona tidak hanya menyerang pasien. Bahkan, salah satu dokter di Provinsi Hubei, China yang turut bertugas menangani pasien dari virus ini dilaporkan meninggal dunia. Dokter Liang Wudong saat itu bertugas di RS Xinhua Hubei.

Baca Juga :  Mengancam Dunia, Ini Cara Menghindari Virus Corona

CGTN melalui akun resminya di Twitter melaporkan, “Liang Wudong, seorang dokter di Rumah Sakit Xinhua Hubei berada pada garis depan peperangan #CoronavirusOutbreak Wuhan, telah

meninggal dunia karena terjangkit virus pada usia 62 tahun”.

Liang merupakan dokter spesialis bedah dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu pagi (25/01/2020), pukul 07.00 waktu setempat. Dugaan sementara, Liang terinfeksi virus sudah sejak sepekan yang lalu. Setelah dinyatakan terinfeksi virus corona, Liang akhirnya dipindahkan ke RS Jinyuntan, Wuhan agar mendapat penanganan medis lebih lanjut.

Belum Berstatus Darurat Internasional

Proses Evakuasi Penderita Virus Corona
Proses Evakuasi Penderita Virus Corona (publiknews..com)

Dilansir dari CNBC International, Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (Center for Desease and Prevention/CDC) Amerika Serikat mengkonfirmasi. Ada dua kasus virus corona di AS, pemerintah terus mengawasi 22 negara bagian. Sementara, Kanada juga sudah melaporkan dugaan seorang warga terjangkit virus corona, sebelumnya melakukan perjalanan ke Wuhan.

World Health Organization (WHO) menilai belum dapat menjadikan virus ini berstatus darurat internasional karena masih terlalu dini. Ketua Panel Komite Darurat WHO, Didier Houssin mengatakan “Masih terlalu dini menganggap ini sebagai darurat internasional. Memang kondisi darurat di China, namun belum termasuk level internasional”.

Baca Juga :  Mengancam Dunia, Ini Cara Menghindari Virus Corona

Bertolak dengan pernyataan WHO, Peter Piot, Profesor dari London School od Hygiene and Tropical Medicine, menganggap penyebaran virus corona sudah masuk fase kritis.

Prediksi Virus Corona Mematikan 65 Juta Jiwa

Semua Penumpang Bus di China Menggunakan Masker
Semua Penumpang Bus di China Menggunakan Masker (tribunnews.com)

Para peneliti dunia memperkirakan puluhan juta orang dapat menjadi korban saat virus Corona masuk skala pandemi. Ilmuan dari John Hopkins Center for Health Security telah menjalankan simulasi, jika virus Corona menyentuh skala pandemi. Hasilnya mengejutkan, 65 juta jiwa bisa meninggal dalam kurun waktu 18 bulan.

Rosalina Pertiwi

Related post