Perjalanan Karir Adian Napitupulu, Eks Aktivis ‘98

 Perjalanan Karir Adian Napitupulu, Eks Aktivis ‘98

Adian Napitupulu (tribunnews.com)

Dikenal sebagai mantan aktivis 1998, sekarang sosok Adian Napitupulu menjadi politikus PDIP Adian Napitupulu. Ia mengaku sempat menolak jabatan menteri karena menganggap dirinya tidak berbakat menjadi menteri. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya siapa dan bagaimana perjalanan karir Adian Napitupulu ini.

Adian sendiri merupakan anggota DPR RI periode 2014-2019 yang duduk tergabung dalam Komisi VII. Selanjutnya, Adian kembali diangkat sebagai anggota DPR periode 2019-2024 hanya saja belum jelas akan duduk dalam komisi berapa.

Profil Singkat

Potret Adian Napitupulu
Potret Adian Napitupulu (tribunnews.com)

Nama Lengkap            : Adian Yunus Yusak Napitupulu

Panggilan                    : Adian Napitupulu

Profesi                         : Politisi

Tempat, tanggal lahir  : Manado, 9 Januari 1971

Istri                              : Dorothea Eliana Indah W
Anak                           : Achilles Alvaro Adian Napitupulu dan Aurora Alethea Adian Napitupulu

Adian Napitupulu adalah anak dari seorang PNS bernama Ishak Parluhutan Napitupulu dan Soeparti Esther. Semasa hidup, sang ayah bekerja sebagai jaksa di Kejaksaan Negeri di Kota Kotamobagu, Barabai dan Kupang.

Sepeninggalan sang ayah tahun 1981, ia menjadi anak yatim yang mandiri. Sosoknya dikenal memiliki keberanian ketika mengutarakan pendapat. Ketegasan Adian dalam mengambil keputusan politik juga tidak diragukan lagi.

Perjalanan Karir Adian Napitupulu

Adian Napitupulu Setelah Pelantikan DPR RI Periode 2019-2024
Adian Napitupulu Setelah Pelantikan DPR RI Periode 2019-2024 (zonasultra.com)

Sebelum terjun ke dunia politik pemerintah, perjalanan karir Adian Napitupulu bermula pada pergerakan aktivis ’98. Ia diketahui aktif sebagai anggota Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) sejak 1992. Saat itu masih duduk dibangku

perkuliahan Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Ia pernah mendirikan kelompok diskusi ProDeo tahun 1994. Tidak sedikit kegiatan aktivis yang dilakukan hingga ujung-ujungnya berhadapan dengan pihak kepolisian. Pada tahun 1988, ia  turut menjadi pelopor dari berdirinya organisasi mahasiswa lingkup Jabodetabek yakni Forum Kota.

Forum Kota mencakup 16 kampus, serta organisasi mahasiswa yang berhasil menduduki gedung DPR/MPR pada 18 Mei 1998. Pergerakannya tidak berhenti sampai disitu saja, tahun 2009 Adian kembali mendirikan organisasi Benteng Demokrasi Rakyat atau Bendera. Dimana kala itu membantu kaum buruh.

Seiring dengan pergerakannya, saat itu Adian Napitupulu juga mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR melalui Partai PDI Perjuangan. Namun belum beruntung, ia baru lolos ke Senayan pada pemilihan legislatif tahun 2014. Ketika mewakili Dapil Jabar V dari partai PDIP.

Mengaku Menolak Jabatan Menteri Menteri

Potret Adian Napitupulu Saat Menjadi Aktivis dan DPR RI
Potret Adian Napitupulu Saat Menjadi Aktivis dan DPR RI (palembang.tribunnews.com)

Setelah kembali sukses pada pileg 2019 beberapa waktu lalu, Adian kembali terpilih sebagai anggota DPR. Ia mengaku sempat beberapa kali menolak jabatan menteri pada kabinet  Jokowi-Ma’ruf.

Pasalnya, menjadi menteri dianggap kurang leluasa dan lebih memilih bekerja sebagai wakil rakyat di DPR. Meskipun, tawaran jabatan menteri datang padanya sebanyak 4 kali. Adapun penolakan ini berasal dari dalam dirinya, tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

 

Rosalina Pertiwi

Related post