Lion Air Kurangi Harga Tiket Usai Pemerintah Turunkan Tarif Pesawat

 Lion Air Kurangi Harga Tiket Usai Pemerintah Turunkan Tarif Pesawat

Menyusul keputusan Pemerintah yang akan menurunkan harga tiket pesawat untuk jaringan dalam negeri pada kategori  maskapai berbiaya murah atau lebih sering disebut dengan low cost carrier (LCC).

(sumber: www.unsplash.com)

Hal itu sempat disampaikan oleh Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic of Lion Air dimana pihak perusahaannya akan memberlakukan tiket promo bahkan hingga setengah harga dari tarif dasar batas atas untuk penerbangan domestik.

Namun ternyata tarif tersebut masih belum mencakup tarif bagasi, servis jasa, biaya asuransi serta pajak pertambahan nilai (PPN). Dirinya mengungkapkan jika reservasi dan pembelian tiket promo mesti dilakukan paling lambat 10 hari sebelum penerbangan.

Menariknya untuk memperingati hari jadi Lion Air yang ke-19, pihaknya akan menawarkan tiket promo untuk beberapa rute tertentu seperti rute Soekarno Hatta-Tanjung Karang dengan harga terjangkaunya Rp 216.000, atau rute Soekarno Hatta- kota Jayapura dengan harga yang cukup rendah sebesar Rp 2.326.000.

Terkait hal ini, pihak Lion Air menjelaskan bahwa besaran tarif tiket yang ditawarkan tersebut telah cocok dengan ketentuan yang

telah ditetapkan. Pihaknya juga telah mengkalkulasi serta mempertimbangkan pemberlakuan tarif penumpang kelas ekonomi dalam negeri secara bijak.

Perlu diketahui bahwa biaya tiket terdiri dari beberapa komponennya yaitu tarif dasar tiket pesawat menurut jarak, pajak dengan kisaran 10 persen dari harga dasar tiket penerbangan, pajak bandara, iuran wajib asuransi. Besarnya pembiayaan akan bergantung dengan ketentuan pada bandara setempat.

Seperti diketahui sebelumnya, Pemerintah Indonesia sudah memutuskan penurunan harga tiket pesawat dengan jadwal tertentu. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Bapak Darmin Nasution, kebijakan tersebut diambil demi menjawab harapan para konsumen supaya terpelihara keberlangsungan bisnis pada industri penerbangan di tanah air.

Selama ini memang warga masyarakat mengeluhkan harga tiket untuk rute domestik yang terlampau mahal dan kurang dapat dijangkau oleh mereka, sehingga dampaknya dapat dirasakan secara langsung dengan lesunya penerbangan di dalam negeri.

Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa hingga kini belum bisa dipastikan besaran penurunan harga tiket penerbangan yang hanya masih membidik rute domestik saja.

Sugiri Nurdin

Related post