Viral Kos-Kosan Kotak di Johar Baru Mirip Peti Mati, Ada Apa?

 Viral Kos-Kosan Kotak di Johar Baru Mirip Peti Mati, Ada Apa?

Viral salah satu kos-kosan unik dan dinilai kurang layak daerah Jakarta disidak aparat. Adapun yang menarik perhatian yakni kos-kosan kotak di Johar Baru berukuran kecil layaknya peti mati hanya muat tubuh saja. Faktanya, indekos ini banyak dicari, terlebih lagi harganya murah ditengah Ibu Kota.

Disidak Kos-Kosan Kotak di Johar Baru Tidak Berizin

Petugas Tengah Sidak Kamar Kos-kosan di Johar Baru
Petugas Tengah Sidak Kamar Kos-kosan di Johar Baru (detik.com)

Hunian kos-kosan kotak berukuran 2×1 meter ini berlokasi di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat harus ditutup. Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi langsung datang ke lokasi menyidak indekos viral tersebut.

Irwandi turut memboyong aparat Satpol PP dan Dinas Cipta Karya DKI Jakarta karena hunian kos tidak memiliki Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta. Sehingga harus secepatnya ditertibkan. Disamping itu, ukurannya juga tidak layak untuk dijadikan hunian kos.

Saat ditemui langsung dilokasi (2/9/2019) Irwandi mengemukakan, “Semua perizinan cipta karya kos ini tidak ada izinnya. Sementara Cipta Karya sudah membuat surat teguran untuk pemilik karena indekos ini tidak layak, harusnya tutup dalam waktu 1-2 hari. Jika tidak akan kami beri police line”.

Adapun penyidakan ini dilakukan Senin pagi (2/9/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu sejumlah penghuni kost tampak berkumpul di lokasi.

Ala Apartemen Hongkong Banyak Peminat

Suasana Dalam Kamar Kos Sangat Sumpek
Suasana Dalam Kamar Kos Sangat Sumpek (jawapos.com)

Indekos super mini di Johar Baru sedang hangat diperbincangkan beberapa hari terakhir. Pasalnya, ukurannya sangat mini hanya 2×1 meter. Banyak yang menyamakan kos-kosan ini dengan hunian mini ala apartment Hongkong.

Lebih lanjut

Irwandi menegaskan, “Kos-kosan ini tidak manusiawi. Dilihat dari PTSP tidak memiliki izin pembangunan cipta karya. Kami juga koordinasikan hal ini bersama dengan pak camat, lurah dan pak rw, tidak layak jadi akan kita tutup”.

Faktanya kos-kosan yang telah berdiri sejak 5 tahun lalu di Rawa Selatan ini tidak pernah sepi peminat. Faktornya karena lokasi strategis dan harga sewa kos sangat terjangkau yakni Rp 300-400 ribu per bulan. Tersedia pula sewa harian yang dibandrol dengan harga Rp 50 ribu.

Berbagai Fasilitas Dalam Indekos

Potret Indekos Yang Lazim
Potret Indekos Yang Lazim (liputan6.com)

Hunian kos yang dianggap tidak lazim ini berisi 60 kotak kamar dapat dihuni pria dan wanita. Ukurannya sangat kecil 2x1x1 meter hanya cukup untuk tidur saja, apabila duduk kepala mentok ke atap. Tiap lantainya hanya terdapat dua pendingin ruangan (AC).

Dari luar gedung kos tersebut terlihat seperti bangunan 3 lantai dan dikelilingi pagar hitam menjulang tinggi. Pada lantai pertama dikhususkan untuk area parkir sepeda motor. Kondisi lantai pertama tampak kumuh karena banyak barang bekas bertumpukan dan belum dibuang.

Menuju ke lantai dua pengunjung akan menyusuri sebuah tangga hitam kecil yang melingkar. Terdapat deretan pintu kecil berbahan besi dengan warna putih saling berhadapan. Sama halnya dengan lantai 3 juga diburu pengunjung untuk sewa harian.

Adapun fasilitas yang didapatkan penyewa yakni kasur dan bantal. Tidak ada uang iuran listrik, air, dan biaya keamanan.

Rosalina Pertiwi

Related post