Berikut Dampak Serius yang Dialami Warga Karena Pemadaman Listrik Massal Di Area Pulau Jawa!

 Berikut Dampak Serius yang Dialami Warga Karena Pemadaman Listrik Massal Di Area Pulau Jawa!

Situasi di Yogyakarta ketika terjadi pemadaman listrik serentak di area Pulau Jawa (FOTO: antaranews.com)

Pada hari Minggu (04/08/19) lalu, warga di sejumlah wilayah Pulau Jawa diresahkan karena pemadaman listrik massal. Pihak PLN menyatakan bahwa hal tersebut disebabkan akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip serta Gas Turbin 7 dalam posisi mati (Off). Sedangkan di kawasan Jawa Barat terjadinya gangguan pada Transimisi SUTET 500 kV sehingga menyebabkan padamnya di sejumlah area Jabar.

Peristiwa pemadaman listrik ini tentu menjadi masalah bagi warga yang terkena dampaknya. Pasalnya di era modern ini, listrik sudah menjadi kebutuhan hidup sehingga bila mati sebentar akan memberikan dampak serius pada aktivitas warga. Oleh karena itu, berikut sejumlah dampak dari pemadaman listrik serentak yang mempengaruhi aktivitas masyarakat Banten, Jabodetabek dan Jabar.

1. Aktifitas Lalu Lintas Semrawut

Traffic Light Padam (FOTO: kumparan.com)
Situasi lalu lintas Kota Bandung yang semrawut akibat traffic light mati di beberapa titik area karena dampak pemadaman listrik massal (FOTO: kumparan.com)

Padamnya listrik ternyata berimbas pada aktivitas lalu lintas. Terang saja, hal ini karena traffic light mati dan menyebabkan aktivitas lalu lintas menjadi semrawut dan tidak teratur. Salah satu kota yang mengalami peristiwa ini adalah Kota Bandung. Dilansir dari detik.com, sejumlah area Bandung seperti di perempatan antara Jalan Aceh-Jalan Merdeka, Jalan Riau-Jalan Merdeka dan beberapa titik lainnya. Karena situasi tersebut, Petugas dari Dishub dan Polrastabes Bandung turun ke jalan untuk mengatur lalu lintas yang terpantau padat.

2. Sejumlah Kota Di Pulau Jawa Blackout

Jakarta Blackout (FOTO: sindonews.net)
Situasi di Ibu Kota ketika pemadaman listrik massal yang mengakibatkan aktivitas masyarakat lumpuh (FOTO: sindonews,net)

Pemadaman listrik secara mendadak ini tentunya mengakibatkan sejumlah kota di Pulau Jawa menjadi gelap total alias blackout. Insiden pemadaman listrik massal ini disebut-sebut lebih parah dibandingkan dengan peristiwa pemadaman listrik tahun 2005 silam. Pasalnya sejak siang hari tepatnya pukul 11.58 WIB hingga tengah malam, kota yang terkena dampak melakukan aktivitasnya tanpa adanya listrik. Bahkan beberapa wilayah dilaporkan belum mendapatkan aliran listrik sampai dini hari.

Baca Juga :  Pemadaman Listrik Serentak di Jabodetabek dan Banten, Begini Tanggapan PLN

Adapun sejumlah kota yang mendapatkan dampak pemadaman listrik yaitu; Wilayah sekitaran Jakarta dan Banten. Sedangkan di Area Jawa Barat yaitu; Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon,

Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

3. Keluhan Warganet Mengenai Fasilitas yang Terkena Dampak

Tagar #matilampu (FOTO: tstatic.net)
Tagar #matilampu yang sedang trending di Twitter (FOTO: tstatic.net)

Insiden pemadaman listrik massal ini bukan hanya berdampak pada aktivitas yang dilakukan dengan mati lampu saja, tetapi beberapa fasilitas yang berkaitan dengan listrik pun ikut terkena dampak. Sebut saja aktivitas KRL-MRT, hilangnya jaringan seluler, matinya traffic light, aktivitas transportasi online dan masih banyak lagi. Hal ini tentu saja mengundang kritikan pedas warganet terhadap lambannya PLN dalam menangani situasi tersebut. Bahkan insiden blackout 17 tahun yang lalu tidak dijadikan pelajaran oleh pihak PLN sehingga terulang lagi di tahun ini.

Tagar #matilampu pun menjadi trending di Twitter disertai dengan keluhan-keluhan dari masyarakat Indonesia. Namun di sisi lain, adapula warganet yang mengapresiasi para teknisi PLN yang sudah bekerja membetulkan sistem yang rusak. Berikut beberapa cuitan unik yang dilontarkan warganet dengan tagar #matilampu:

https://twitter.com/1724Nurulala/status/1157995903694671873

Baca Juga :  Pemadaman Listrik Serentak di Jabodetabek dan Banten, Begini Tanggapan PLN

Selain itu beberapa waktu lalu dikabarkan bahwa beberapa wilayah di kawasan Bandung akan melakukan pemadaman kembali. Area yang akan dipadamkan antara lain sebagian Ir.Hj Juanda, Cihampelas, PVJ, Cipedes, Sukawarna, Padjadjaran dan UPI.

Akibat kekacauan pemadaman listrik massal ini, warga meminta agar pihak PLN menginfokan terlebih dahulu mengenai berita pemadaman listrik di sejumlah wilayah. Dengan begitu, masyarakat dapat menyiapkan diri seperti menyediakan stok lampu darurat dan back power up.

Selain itu, rupanya Indonesia juga pernah mengalami blackout terparah pada 18 Agustus 2005 silam karena kerusakan di jaringan Transmisi SUTET 500 kV Jawa-Bali. Hal tersebut menyebabkan beberapa wilayah seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali mengalami blackout selama beberapa waktu.

Karina Tanjung

Related post

1 Comment

Comments are closed.