Revolusi Industri 4.0, Ini 6 Tren Pekerjaan Tahun 2020

 Revolusi Industri 4.0, Ini 6 Tren Pekerjaan Tahun 2020

Bekerja Dari Rumah (bangka.tribunnews.com)

Berbicara mengenai pekerjaan tentu tidak ada habisnya. Angka pencari kerja setiap tahun terus meningkat. Banyak yang menganggap menjadi pegawai kantoran merupakan pekerjaan ideal. Ternyata di revolusi industri 4.0 kini lebih mengutamakan kreativitas individu. Meskipun lowongan kerja perusahaan tidak pernah sepi peminat. Yuk intip 6 tren pekerjaan tahun 2020, bisa jadi salah satu passion kamu.

Simak 6 Tren Pekerjaan 2020

Penting untuk disimak 6 tren pekerjaan tahun 2020 yang tingkat kebutuhannya tinggi. Profesi ini juga menjanjikan penghasilan yang besar.

1. Desainer Produk

Profesi Desainer Product
Profesi Desainer Product (pointwellhk.com)

Salah satu pekerjaan yang tidak dapat digantikan oleh mesin adalah kerja yang membutuhkan kreatifitas. Hal ini juga dikemukakan dalam Laporan World Economic Forum 2016, “The 10 Skills You Need to Thrive in the Fourth Industrial Revolution”.

Dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kreatifitas merupakan keahlian yang paling dibutuhkan tahun 2020. Semakin banyak perkembangan industri tentu memerlukan desainer produk yang menarik. Jadi, kebutuhan desain produk akan selalu meningkat. Skill yang dibutuhkan yakni menggunakan Photoshop, Corel Draw, dan aplikasi lainnya.

Baca Juga :  Selain Kopi, Ini 3 Cara Meningkatkan Konsentrasi Anda Dalam Sekejap

2. Digital Marketing

Profesi Digital Marketing
Profesi Digital Marketing (labana.id)

Pengguna internet didunia terus mengalami peningkatan. Setiap detik jutaan orang membuka sosial media dan situs website. Bagi para pebisnis masa kini mengutamakan inovasi pemasaran melalui internet atau disebut digital marketing.

Pasalnya berbagai kanal digital dapat dijadikan sarana efektif untuk melakukan promosi, pengenalan produk, dan penjualan. Sasaran target market jika menggunakan digital marketing pun lebih luas. Profesi jasa layanan digital marketing akan lebih banyak dicari di masa mendatang.

3. Data Analyst

Kesibukan Profesi Data Analyst
Kesibukan Profesi Data Analyst (ekrut.com)

Berdasarkan survei yang dibuat oleh World Economic Forum 2018,

data analyst memperoleh posisi pertama untuk pekerjaan paling dibutuhkan. Sebenarnya wajar saja karena teknologi artificial intelligence dan machine learning semakin berkembang.

Selain itu, semua bidang memerlukan analisa yang matang untuk mengelola data mentah. Diproyeksikan profesi data anayst akan tumbuh 20,9% sampai dengan tahun 2024.

4. Robotic Specialist

Profesi Robotic Specialist
Profesi Robotic Specialist (saltwire.com)

Bukan rahasia lagi kini sebagian industri menggunakan teknologi robot karena dianggap lebih efesien. Robot-robot ini dapat bergerak karena adanya teknologi artificial intelligence atau AI. Untuk merawat dan mengupdate AI diperlukan profesi robotic specialist. Hal ini menyebabkan prospek kerja robotic speasialist akan semakin meningkat.

Baca Juga :  Karir Tidak Sesuai Passion, Ini 7 Tips Mencintai Pekerjaan Mu!

5. Content Creator

Profesi Content Creator Cukup Menggiurkan
Profesi Content Creator Cukup Menggiurkan (naijagodigital.com)

Siapa sih yang tidak suka membaca artikel atau menonton video di youtube. Jika berhubungan dengan penjualan produk atau jasa biasanya diselipkan nama produk atau jasa yang ditawarkan. Semua pekerjaan kreatif ini dibuat oleh content cretor. Mereka sangat profesional dalam membuat artikel, video, dan podcast untuk memperkenalkan produk kamu.

6. Software Developers

Software Developers
Software Developers (thehacker.net)

Software developers dapat dikatakan sebagai profesi yang tengah naik daun. Hal ini dapat dilihat dari teknologi yang semakin maju berkembang. Semua perangkat lunak di laptop kamu merupakan hasil kerja profesi software developers. Jika dilihat dari tingkat kebutuhan perangkat lunak pun semakin meningkat. Jadi, tidak heran software developers akan banyak dicari.

Setelah menyimak ulasan diatas tanpa disadari bekerja zaman now tidak harus pergi ke kantor. Mengerjakan pekerjaan dari rumah pun dapat mendatangkan pundi-pundi uang.

Rosalina Pertiwi

Related post