Terlalu Galau, Ini 5 Efek Kesehatan Setelah Putus Cinta

 Terlalu Galau, Ini 5 Efek Kesehatan Setelah Putus Cinta

Ilustrasi Putus Cinta (liputan6.com)

Semua pasangan tidak ingin hubungan percintaannya berakhir dengan menyakitkan. Apalagi putus setelah menjalin hubungan yang bertahun-tahun. Putus cinta tidak hanya menyebabkan galau tetapi juga mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Kenali 5 efek kesehatan setelah putus cinta, dapat menimbulkan penyakit loh!

Mengejutkan, 5 Efek Kesehatan Setelah Putus Cinta

Putus cinta memang menyakitkan, perasaan menjadi galau tidak karuan. Bahkan beberapa orang bisa nangis berhari-hari ketika mengingat kenangan bersama mantan. Sebaiknya lupakan dia dan segera move on karena ada 5 efek kesehatan setelah putus cinta dapat menyerang. Simak ulasan bertikut ini

Terluka Karena Putus Cinta
Terluka Karena Putus Cinta (hargo.co.id)

1. Daya Tahan Tubuh Lemah

Setelah putus cinta tubuh akan meningkatkan hormon stress yang berakibat menurunkan daya tahan tubuh. Alhasil kesehatan kamu pun menurut. Mudah terserang penyakit seperti demam, flu, sakit kepala, dan tubuh kurang berdaya.

2. Tekanan Darah Naik

Hormon kortisol dapat mengalami peningkatan karena pikirn stress berpengaruh terhadap sistem saraf simpatik. Hal ini akan berdampak buruk pada denyut jantung meningkat, begitu pula tekanan darah semakin tinggi.

Baca Juga :  Tidak Perlu Tebak-Tebakan, 7 Tanda Pacar Ingin Putus

3. Ukuran Jantung Membesar

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association (AHA), menyebutkan putus cinta mengakibatkan seseorang mengalami

sindrom patah hati. Kondisi tersebut lebih rentan dialami perempuan. Gejala awalnya adalah jantung berdetak tidak teratur dan nyeri dada.

Sebenarnya tidak perlu khawatir karena gejala awal dapat hilang dalam waktu satu minggu. Disamping itu, agar pikiran tenang kamu dapat cobalah berolahraga, meditasi, dan yoga. Apabila ukuran jantung membesar dampaknya kinerja memompa darah kurang optimal.

4.Berat Badan Turun

Mengalami sindrom patah hati dapat menyebabkan berat badan menurun. Hal ini paling sering dialami wanita karena nafsu makan berkurang. Harusnya dihindari agar tidak menimbulkan penyakit serius. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan rekomendasi bagi orang-orang yang sedang patah hati. Sangat membantu menaikkan mood.

5. Terobsesi Dengan Mantan

Masih tidak rela putus dengan mantan, sebagian orang bisa memiliki obsesi terhadap mantan. Menurut hasil studi dari Columbia University, Amerika Serikat (2011), putus cinta menyebabkan seseorang merindukan mantannya.

Baca Juga :  Lakukan 7 Cara Dewasa Berantem Dengan Pacar, Supaya Baikan!

Orang tersebut sudah menjadi bagian penting dari hidupnya. Perasaan yang masih belum rela dilepaskan ini bisa menyebabkan otak memproduksi neurotransmitter dopamine. Alhasil mereka jadi terobsesi memiliki mantan kembali. Apabila hal ini kamu alami, bergegaslah pergi ke terapis atau psikolog.

Rosalina Pertiwi

Related post