Mengejutkan Ciri-ciri Tipe Kepribadian Introvert, Kesehatan Mentalnya!

 Mengejutkan Ciri-ciri Tipe Kepribadian Introvert, Kesehatan Mentalnya!

Menikmati Kesendirian (magazine.job-like.com)

Orang dengan kepribadian introvert biasanya dianggap pemalu, meskipun sebenarnya tidak semua introvert pemalu. Mereka hanya tidak suka berada ditengah keramaian karena menghabiskan energi. Tipe kepribadian introvert cenderung sensitif, sebab mereka biasanya fokus terhadap diri sendiri. Faktor internalnya seperti mood, perasaan, dan pikiran akan berpengaruh terhadap tindakan yang mereka ambil.

Apa itu Tipe Kepribadian Introvert?

Mengisi Energi dengan Menyendiri
Mengisi Energi dengan Menyendiri (merdeka.com)

Kepribadian introvert adalah orang-orang yang orientasi bertindak dan bersikap atas dorongan dari dirinya sendiri (inward thinking). Mereka lebih tertarik dengan konsep, ide-ide , dan pemikiran. Jadi, jangan heran introvert cenderung memilih berada di suasana sunyi dan tenang. Sebab, dalam situasi seperti itu mereka merasa energinya bertambah.

Ciri-ciri Introvert

Menikmati Membaca Buku Selama Berjam-jam
Menikmati Membaca Buku Selama Berjam-jam (fimela.com)

Kenali ciri-ciri umum orang introvert, apa ada pada orang sekitar atau bahkan kamu sendiri. Berikut ini ulasan mengenai ciri-ciri yang ditunjukkan oleh tipe kepribadian introvert, antara lain :

1. Suka Menyimpan Perasaan Sendiri

Menariknya, bagi orang introvert sudah terbiasa menyimpan perasaan sendiri. Biasanya akan bergumul dengan pemikiran-pemikiran mereka atau berbicara dalam hati. Jangan berharap mereka mau mengungkapkan perasaannya kecuali hanya kepada orang terdekat saja.

Baca Juga :  Manusia Manipulatif, Ciri-ciri Emotional Blackmail Membuat Orang Terperdaya!

2. Menjadi Pendiam Ketika Berada di Kerumunan

Introvert cenderung menghindari kerumunan, terlebih lagi orang-orang di dalamnya tidak begitu dikenal. Ada perasaan insecure yang membuat mereka diam. Namun, saat diajak bicara orang-orang ini tetap akan menanggapinya dengan

singkat, padat, dan jelas.

3. Memiliki Kesadaran Diri Tinggi

Kamu dapat mempercayakan tugas kepada orang dengan kepribadian ini. Pasalnya, mereka akan melakukan sesuatu yang telah ditugaskan. Sehingga mereka akan mengerjakan tugas sebaik mungkin dan selesai tepat pada waktunya.

4. Pengamat Yang Baik

Meskipun introvert sering diam ketika berada dikeramaian, mereka mengamati keadaan. Setiap orang yang ada disekitarnya dan apa yang dilakukan ternyata dipelajari oleh orang introvert.

5. Menghindari Kontak Mata

Ketika baru mengenal orang dan diajak berkomunikasi, introvert akan menghindari tatapan mata orang tersebut. Bagi sebagian orang mungkin menjengkelkan. Tetapi itu sudah menjadi sifat dasarnya, mereka akan berani menatap mata kamu jika mengenal lebih lama lagi.

Kesehatan Mental Introvert

Me Time Paling Ditunggu
Me Time Paling Ditunggu (merdeka.com)

Untuk kesehatan mentalnya mudah stress ketika suasana sedang ramai. Menurut hasil penelitian Laurie Helgoe, Ph.D., asisten profesor psikologi dari Davis & Elkins College, para introvert merasa mentalnya terkuras ketika berada dalam keramaian. Oleh karena itu, mereka membutuhkan waktu menyendiri agar pikiran mereka tenang dan untuk mengisi energinya.

Baca Juga :  Percaya Diri Berlebihan, Simak 7 Ciri-ciri Kepribadian Extrovert!

Orang introvert juga lebih potensial mengalami depresi tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena sering tenggelam dalam pikirannya sendiri untuk menggali sesuatu dari sudut pandang realistis. Jadi, sangat rentan putus asa jika mereka tidak berpikir positif.

 

Rosalina Pertiwi

Related post