7 Cara Menabung Untuk Liburan ke Luar Negeri, Strategi Efektif!

 7 Cara Menabung Untuk Liburan ke Luar Negeri, Strategi Efektif!

Liburan Bisa Melepaskan Penat (manado.tribunnews.com)

Setelah penat dengan semua aktivitas kerja banyak orang yang butuh liburan, ada yang berniat pergi ke luar negeri. Pasalnya banyak tempat-tempat indah dan pusat perbelanjaan menarik tidak ditemukan di Indonesia. Namun, sayangnya, tidak semua orang mampu mewujudkannya karena masalah biaya. Nah, atasi dengan 7 cara menabung untuk liburan ke luar negeri.

Ternyata cara-cara ini tidak susah dan tidak menyiksa. Tentukan dulu destinasi mana yang ingin kamu kunjungi. Mulai dengan mengelola keuangan dengan bijak agar impian kamu dapat terwujud.

Ikuti 7 Cara Menabung Untuk Liburan ke Luar Negeri

Destinasi Liburan ke Luar Negeri
Destinasi Liburan ke Luar Negeri (liputan6.com)

Soal biaya liburan ke luar memang cukup besar. Untuk mewujudkan liburan impian kamu, bisa dengan menghemat pengeluaran dari sekarang. Disamping itu, coba terapkan 7 cara menabung untuk liburan ke luar negeri yang bisa memenuhi liburan kamu.

1.Berhemat

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah berhemat. Pangkas biaya-biaya yang kurang dibutuhkan dan tidak penting dalam anggaran belanja bulanan. Perhatikan, kamu tidak perlu memotong dana yang wajib dipenuhi sepertiĀ  biaya makan dan transportasi. Berhemat boleh, tetapi jangan sampai menyiksa diri sendiri.

Baca Juga :  Masih Berusia 20-an Tahun, Ikuti 5 Tips Menabung Ala Anak Muda

2.Mengatur Pengeluaran Harian

Sangat penting mengatur pengeluaran harian untuk ditabung. Jika kamu biasanya menggunakan ojek sebagai transportasi ke mana-mana. Bisa diganti dengan menggunakan kendaraan umum yang lebih murah. Selisih biayanya dapat kamu tabung, lama-lama dikumpulkan akan menjadi banyak.

3.Tentukan Tujuan dan Anggarannya

Tentukan negara mana yang akan kamu kunjungi supaya tahu berapa besar biaya yang diperlukan. Selain itu, berapa dana untuk

kebutuhan makanan, transportasi, dan membeli cinderam mata saat liburan.

Informasi ini harus kamu kumpulkan sebanyak-banyaknya, dan buatlah perbandingan harga. Kamu juga harus membuat deadline jumlah dana yang terkumpul untuk liburan. Misalnya mengumpulkan dana 5 juta dalam jangka waktu 4 bulan.

4.Biasakan Belanja Hemat

Kamu juga dapat berbelanja hemat di tempat-tempat yang dapat ditawar, seperti pasar tradisional. Kalau mau belanja di mall atau supermarket bisa memilh barang diskon. Selain itu, buat list belanja bulanan, pilih barang-barang dan kebutuhan yang wajib dipenuhi.

5.Pisahkan Rekening Khusus Liburan

Buatlah rekening khusus menyimpan uang untuk liburan. Jadi, setiap bulan dari pendapatan kamu dapat ditabung dalam rekening tersebut. Rekening khusus ini tidak boleh dibelanjakan atau diambil, kecuali dana liburan yang kamu targetkan sudah terkumpul. Waktu menabung terbaik setelah menerima gaji, agar uangnya tidak terpakai untuk hal lain.

Baca Juga :  5 Cara Simple Menabung untuk Para Milenial yang Patut Kamu Coba

6.Membawa Bekal Makan Siang

Bagi kamu yang bekerja tentu memerlukan makan siang. Jika biasanya setiap makan siang membelinya diluar atau makan direstoran, ubah kebiasaan ini. Ganti dengan membawa bekal dari rumah, selain sehat juga menghemat pengeluaran untu ditabung.

7.Jadikan Hobi Sebagai Passive Income

Bersyukurlah bagi kamu yang memiliki hobi, karena dapat dijadikan passive income. Caranya dengan menjual jasa ke orang lain. Misalnya hobi desain, kamu dapat menawarkan membuat jasa desain logo ataupun baju kaos yang banyak diminati orang. Sedikt demi sedikit pasive income yang dikumpulkan akan menjadi banyak.

Rosalina Pertiwi

Related post