Tidak Perlu Minder, 7 Trik Jitu Menjadi Percaya Diri

 Tidak Perlu Minder, 7 Trik Jitu Menjadi Percaya Diri

Kepercayaan Diri Seorang Wanita (liputan6.com)

Rasa percaya diri tidak dimiliki semua orang. Apalagi dalam pergaulan masyarakat, selalu ada orang yang minder. Mungkin keminderan seseorang disebabkan karena rendah diri, status, tekanan psikologi, maupun lingkungan keluarganya. Coba terapkan 7 trik jitu menjadi percaya diri, apabila kamu berada dalam kondisi ini!

7 Trik Jitu Menjadi Percaya Diri

Orang yang minder lebih cenderung menarik diri dari pergaulan. Sehingga memiliki teman sangat sedikit. Apabila rasa minder terus dibiarkan bisa mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri. Berikut ini ulasan 7 trik jitu menjadi percaya diri dalam pergaulan.

Rapikan Penampilan Agar Tambah Percaya Diri
Rapikan Penampilan Agar Tambah Percaya Diri (riliv.co)

1.Berpikir Positif

Hal pertama yang wajib kamu tanamkan adalah selalu berpikir positif. Pasalnya, pikiran positif merupakan kunci utama bagi kesehatan mental dan fisik seseorang. Hati-hati dengan pikiran negatif, mendatangkan prasangka buruk yang ujung-ujungnya membuat minder.

Kamu tidak perlu berprasangka yang aneh-aneh, misalnya khawatir tidak diterima dalam pergaulan. Sampai-sampai kamu jadi malas bergaul dengan teman dan orangĀ  sekitar. Prasangka buruk itu hanya ada dalam pikiranmu, belum tentu loh kebenarannya.

2.Cari Tahu Penyebab Minder

Sikap minder tentu ada penyebabnya, kamu wajib mencari apa sih yang membuat kamu minder. Setelah mengetahui apa penyebabnya, barulah mencari solusi untuk menaikkan kepercayaan diri.

Baca Juga :  Cara Jitu Meningkatkan Kepercayaan Diri

Contohnya, penyebab minder karena tidak tahu potensi diri sendiri yang membuat merasa tidak ada kelebihan. Solusinya kamu bisa membuat list apa saja skill dan potensi yang dimiliki. Dari list tersebut dapat dimaksimalkan agar bermanfaar untuk kamu dan lingkungan sekitar.

3.Mengenali Diri Sendiri

Banyak orang merasa minder karena kurang mengenali diri sendiri. Kamu harus jujur dalam menilai

kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Setelah mengenali siapa kamu, lakukan introspeksi dan evaluasi diri.

Kamu juga bisa mencatat hal-hal positif dan negatif yang ada dalam diri kamu. Tidak perlu ditunjukkan pada orang lain! Utamakan mengenali diri sendiri daripada mengkritik orang lain. Cukup fokus pada diri sendiri dan masa depan!

4.Belajar Berinteraksi

Supaya tidak minder lagi, ada baiknya kamu mulai berlajar berinteraksi. Caranya dengan perbanyak komunikasi dengan teman dan lingkungan sekitar. Kamu juga dapat bergabung dalam komunitas sosial maupun komunitas minat dan bakat. Sehingga, kamu lebih berbaur dengan orang-orang yang berani dan memiliki kepercayaan diri tinggi.

Baca Juga :  Mulai Hidup Bahagia Dengan 5 Tips Mencintai Diri Sendiri Berikut!

5.Memperluas Wawasan

Memperluas wawasan rupanya bisa mengatasi rasa minder. Kamu yang memiliki wawasan luas dapat lebih nyambung saat berada dalam pembicaraan dan diskusi. Hal ini juga membuat orang lain tertarik mengobrol dengan kamu. Kamu bisa menambah wawasan dengan menonton film, membaca buku, maupun ikut seminar.

6.Perbaiki Penampilan

Memang tidak boleh menilai seseorang dari penampilannya saja. Penampilan yang rapi dan menarik akan mempengaruhi kepercayaan diri. Selain itu, penampilan juga menunjukkan jati diri kamu dimata orang loh!

7.Berani dan Tenang

Orang yang tenang akan lebih berani saat bergaul dengan banyak orang. Jadi, pertama-tama buatlah diri kamu tenang dahulu. Kemudian, beranikan diri berinteraksi dengan orang baru. Apabila hal ini dibiasakan semakin lama sikap minder kamu akan terkikis.

Seperti itulah trik yang paling tepat untuk membuat diri sendiri lebih percaya diri. Kamu juga wajib belajar mengendalikan diri.

Rosalina Pertiwi

Related post