Bikin Geleng-geleng, 5 Macam Sindrom Paling Unik di Dunia

 Bikin Geleng-geleng, 5 Macam Sindrom Paling Unik di Dunia

Kinerja Otak Mempengaruhi Kesehatan Mental (jateng.tribunnews.com)

Berdasarkan hasil penelitian ahli kejiwaan dari Inggris, ditemukan 450 juta orang didunia mengidap gangguan jiwa. Selain itu, tidak jarang orang mengidap depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan makan. Diantara itu semua ada 5 macam sindrom paling unik di dunia.

Sindrom sendiri merupakan penyakit kejiwaan yang langka dan belum banyak diketahui orang. Cara penanganan penderita sindrom-sindrom unik ini pun berbeda. Kebanyakan baru terdeteksi setelah beberapa tahun mengidap sindrom tersebut.

5 Macam Sindrom Paling Unik di Dunia

Praktisi kesehatan mental belakangan telah menemukan 5 macam sindrom paling unik di dunia. Ada yang seperti nama film animasi loh, check this out!

1.Sindrom Paris

Pemandangan Menara Eifel Paris
Pemandangan Menara Eifel Paris (riliv.co)

Sindrom Paris terbilang sangat unik karena menimbulkan culture shock. Pengidap sindrom ini biasanya dialami wisatawan asal Jepang, yang kecewa saat mengunjungi kota Paris. Mereka sudah berekspektasi romantis tentang kota yang terkenal dengan julukan “City of Lights”.

Istilah Paris Syndrome baru muncul tahun 2004. Sempat membuat heboh, belasan turis asal Jepang terkena guncangan mental dan harus dipulangkan ke negara asalnya. Mereka seolah hilang ingatan, beberapa mengaku bahwa dirinya Raja Matahari dari Jepang dan titisan Raja Louis XIV.

Baca Juga :  Kamu Takut Jatuh Cinta, Ini 6 Ciri-Ciri Philophobia

Faktanya, Paris tidak seramah dengan apa yang dibayangkan turis luar negeri. Ada banyak hal yang membuat turis kaget seperti gaya pelayan toko yang meneriaki pelanggan. Pemandangan sopir taksi yang ribut karena berebut penumpang. Tidak jarang pengemudi mobil yang berkendara sangat ugal-ugalan.

2.Sindrom Alice in Wonderland

Sindrom Alice in Wonderland
Sindrom Alice in Wonderland (anehdunia.com)

Ternyata nama sindrom yang satu ini terinspirasi dari novel karangan Lewis Carroll. Judulnya sangat mendunia, bahkan sudah dijadikan film layar lebar berjudul Alice in Wonderland.  Sindrom Alice in

Wonderland merupakan kondisi seseorang yang mengalami mikropsia.

Pengidapnya melihat halusinasi liliput, barang-barang menjadi kecil, dan distorsi sensorik. Biasanya dialami orang yang mengalami depresi dan delusi. Mereka mempercayai ukuran kaki dan tangannya yang lebih pendek dari ukuran sebenarnya.

3.Sindrom Alien Hand

Sindrom Alien Hand
Sindrom Alien Hand (lifestyle.okezone.com)

Sindrom ini juga unik karena penderitanya menganggap memiliki ‘kehidupan’ sendiri.  Sindrom Alien Hand meyakini tangannya sendiri bukan miliknya, tangan tersebut memiliki kehidupan lain. Jadi, tangannya akan bergerak karena kehendak sendiri.

4.Sindrom Stockholm

Sindrom Stockholm
Sindrom Stockholm (liputan6.com)

Sindrom Stockholm membuat korban patuh dengan pelaku kejahatan. Biasanya dialami oleh para korban penculikan. Korban-korban ini justru setia, simpati, dan patuh dengan penculiknya. Tidak hanya kasus penculikan, korban lain seperti KDRT, kekerasan anak, dan pemerkosaan juga dapat mengalaminya. Sindrom ini berasal dari nama ibukota Swedia yakni Stockholm.

Baca Juga :  Viral ! Wanita Ini Menulis Tentang Efek Cemas

5.Sindrom Lima

Sindrom Lima
Sindrom Lima (riliv.co)

Sindrom Lima adalah kebalikan sindrom Stockholm. Para pelaku kejahatan menjadi tunduk dengan korbannya. Salah satu contohnya para penyandera yang simpati dengan kebutuhan dan keinginan korban.

Nama sindrom ini berasal dari krisis sandera kedutaan Jepang pada 1996 di Lima, Peru. Ada 14 anggota Gerakan Revolusi TúpacAmaru melakukan penyanderaan ratusan diplomat, pejabat militer, pemerintahan dan eksekutif bisnis.

Penyanderaan ini dilakukan saat pesta dilangsungkan di kediaman resmi dubes Jepang untuk Peru. Setelah menyandera orang-orang Jepang tersebut, beberapa hari kemudian mereka dibebaskan.

Rosalina Pertiwi

Related post