Mengejutkan, Ini 7 Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Tubuh

 Mengejutkan, Ini 7 Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Tubuh

Coklat Sangat Menggoda (wartabuana.com)

Siapa sih yang tidak suka coklat, rasa manisnya membuat orang doyan mencicipi berkali-kali. Bahkan, banyak orang mengaku coklat adalah makanan favoritnya. Seluruh orang didunia menyukai coklat, ternyata ini 7 manfaat coklat untuk kesehatan tubuh. Tidak sia-sia mengkonsumsinya!

Kandungan Coklat

Biji Kakao Sebelum Diolah Menjadi Coklat
Biji Kakao Sebelum Diolah Menjadi Coklat (funnyherbalalam.com)

Ternyata coklat mengandung zat-zat berikut yang baik bagi tubuh manusia, antara lain:

  • 14% karbohidrat,
  • 9% protein (merupakan fenilalanin, tyrosin, dan asam amino triptofan,
  • 31% lemak,
  • alkanoid, dan zat lainnya.

Rahasia 7 Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Tubuh

Satu Batang Dark Chocolate
Satu Batang Dark Chocolate (lifestyle.kompas.com)

Coklat merupakan olahan dari tanaman kakao yang kaya dengan flavanoloid. Kandungan inilah yang berpengaruh bagi fisik manusia. Seperti 7 manfaat coklat untuk kesehatan tubuh yang wajib kamu ketahui.

1.Meningkatkan Kelancaran Aliran Darah

Ternyata orang yang rutin mengonsumsi dark chocolate memiliki tekanan darah yang ideal. Artinya, coklat mampu menurunkan tekanan darah karena menjadi antioksidan alami bagi tubuh.

2.Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Dark chocolate juga disinyalir mengurangi resiko serangan jantung mendadak. Pasalnya, pembekuan trombosi darah lebih lambat. Berdasarkan hasil penelitian Diane Becker, MPH, resiko serangan jantung menurun sekitar 50%.

Baca Juga :  Ini 4 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Kamu Terlalu Sering Mengkonsumsi Bubble Tea!

3.Meningkatkan Produksi Insulin

Mengonsumsi coklat lebih sering juga meningkatkan produksi insulin tubuh. Namun, hanya jika mengkonsumsi dark chocolate. Resiko diabetes pun dapat teratasi. Jadi, jangan heran kini banyak orang

lebih memilih mengonsumsi minuman coklat dibandingkan susu.

4.Meningkatkan Intelijensi

Coklat rupanya dapat meringankan stress, menjadi salah satu makanan paling direkomendasikan saat galau. Coklat mampu meningkatkan kinerja otak, sehingga pikiran lebih fokus. Dalam hal ini kandungan flavanol pada coklat yang akan meningkatkan kinerja otak.

5.Menurunkan Berat Badan

Mitos dalam masyarakat mengonsumsi coklat bisa menaikkan berat badan tidak benar. Hal ini sangat dihindari saat diet. Berbeda dengan hasil penelitian dari University of Copenhagen, coklat membuat perasaan lebih kenyang. Sama seperti setelah mengonsumsi apel dan jambu. Sehingga, coklat sangat efektif dimasukkan dalam program diet.

6.Mengatasi Diare

Banyak orang percaya obat diare alami yang paling manjur adalah jambu biji. Ternyata, coklat juga dapat menghentikan diare. Kandungan flavonoid dalam kakao mampu mengikat protein, jadi mengatur sekresi cairan yang ada pada usus kecil. Hingga akhirnya diare dapat terhenti.

Baca Juga :  6 Macam Diet Sehat Ala Selebriti Hollywood, Body Goals!

7.Mengobati Sindrom Kelelahan Kronis

Coklat juga digunakan untuk mengobati rasa kelelahan kronis setelah bekerja seharian. Terlebih lagi pada orang yang bekerja tanpa henti selama delapan minggu. Setelah mengkonsumsi coklat, otot-otot tubuh menjadi lebih ringan. Selain itu, dapat membuat kualitas tidur lebih lelap dan semangat kembali setelah terbangun.

Rosalina Pertiwi

Related post