Mengejutkan 5 Dampak Kesepian dan Galau Terhadap Kesehatan

 Mengejutkan 5 Dampak Kesepian dan Galau Terhadap Kesehatan

Perasaan Kesepian Tanpa Interaksi Sosial (gulalives.co)

Galau dan kesepian sangat manusiawi dialami setiap orang. Tidak heran banyak yang berusaha keluar dari situasi tersebut. Ada yang mengatasinya dengan menyibukkan aktivitas ke lingkungan sosial hingga menggeluti hobi. Ketahuilah 5 dampak kesepian dan galau terhadap kesehatan.

Ini 5 Dampak Kesepian dan Galau Terhadap Kesehatan

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Apabila kamu sedang galau dan kesepian justru membuat pikiran lebih runyam. Alangkah baiknya berkumpul dengan orang terkasih untuk berbagi. Ternyata 5 dampak kesepian dan galau secara medis tergolong berbahaya.

Putus Cinta Menyebabkan Galau
Putus Cinta Menyebabkan Galau (hot.liputan6.com)

1.Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Kematian seseorang memang tidak dapat diprediksikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Brigham Young University, Utah, Amerika Serikat, kesepian bisa meningkatkan risiko kematian loh.

Melibatkan 3,4 juta partisipan, hasil penelitian melaporkan kesepian dan galau menarik seseorang dari lingkungan sosial. Dampaknya, risiko kematian pun meningkat sebanyak 30%. Persentase tersebut terbilang cukup tinggi, dibanding bahaya polusi udara, obesitas, dan kurang olahraga.

2.Berpotensi Menjadi Depresi

Orang yang sering mengurung diri sangat mungkin mengalami depresi. Apalagi selalu merasa kesepian, seperti yang dikemukakan The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM).

Baca Juga :  Simak 6 Tanda-tanda Kamu Mencintai Orang Yang Salah

Tanda-tanda depresi yang terlambat disadari adalah tidak bersemangat dan menjadi sedih sepanjang hari. Bahkan, menyeramkannya lagi kesepian dan galau bisa membuat seseorang memutuskan mengakhiri hidupnya.

3.Menyebabkan Penyakit Jantung

Patah hati bisa mempengaruhi pikiran manusia loh. Ujung-ujungnya kamu bisa stress karena produksi hormon kortisol  dan adrenalin

berlebihan. Apabila produksi hormon tersebut dalam jumlah besar akan mempengaruhi denyut jantung semakin cepat. Bahayanya jika kamu sering kesepian risiko serangan jantung dan stroke berkali-kali lipat.

Tidak heran banyak kematian orang-orang didunia karena merasa kesepian berlarut-larut. Sebanyak 25% orang akan merasa sedih saat melewati tahun pertama ditinggalkan orang yang dicintainya. Perasaan galau dan kesepian memang mempengaruhi kondisi kesehatan manusia. Pasalnya, rasa nyeri dan pedih menyumbat aliran darah ke area otak.

4.Membuat Nafsu Makan Berkurang

Dampak buruk lainnya yang langsung dirasakan adalah nafsu makan berkurang. Hal ini juga dikemukakan dari Journal of Psychology Interdisciplinary and Applied, tahun 2012. Perasaan kesepian mampu membuat seseorang terkena gangguan makanan. Jadi, tidak heran mengalami berbagai penyakit seperti bulimia nervosa, anoreksia nervosa, dan binge eating disorder.

Selain itu, dapat menjadi penyebab berat badan yang semakin menurun. Supaya hal buruk seperti ini tidak terjadi, sebaiknya alihkan perasaan dengan memakan santapan manis.

Baca Juga :  Lakukan 7 Cara Dewasa Berantem Dengan Pacar, Supaya Baikan!

5.Mendatangkan Insomnia Akut

Waktu paling sulit melewati kegalauan dan kesepian adalah saat malam tiba. Suasana sepi inilah yang membuat perasaan tidak enak memuncak. Kondisi seperti ini membuat otak bekerja lebih rumit dan berat.

Dampak langsungnya kamu akan mengalami insomnia akut. Wah betapa bahaya ternyata perasaan kesepian dan galau. Mulai sekarang berusaha untuk berinteraksi dan berteman dengan banyak orang.

Rosalina Pertiwi

Related post