6 Jenis Yoga Paling Populer, Lets Try!

 6 Jenis Yoga Paling Populer, Lets Try!

Kelas Yoga (blog.fitnesia.com)

Yoga merupakan aktivitas olahraga yang sangat digemari perempuan. Mencoba untuk pertama kalinya bisa membuat ketagihan. Selain itu, yoga disinyalir dapat meningkatkan fisik loh. Artikel kali ini akan membahas 6 jenis yoga paling populer. Dari ulasan berikut kamu jadi tahu apa sih jenis yoga paling pas.

Wajib Coba 6 Jenis Yoga Paling Populer

Ternyata jenis-jenis yoga sangat beragam, tetapi yang paling diketahui ada 6 jenis yoga paling populer berikut ini. Kamu bisa menerapkannya sendiri dirumah dengan bermodalkan matras. Rasakan sensasi tubuh menyehatkan melalui yoga.

1.Hot Yoga

Sama seperti namanya, hot yoga dilakukan dalam heated room atau ruangan yang dipanaskan. Salah satu hot yoga terhits adalah Bikram Yoga, dimana suhu ruangan mencapai 42 Celcius. Uniknya, kamu akan melakukan 26 postur tubuh tetap.

Gerakan Hot Yoga
Gerakan Hot Yoga (parenting.orami.co.id)

Bikram Yoga sangat cocok dilakukan buat kamu yang hobi travelling. Jenis Hot Yoga ini juga sangat menyehatkan karena mengeluarkan keringat. Bermanfaat pula sebagai efek detoks racun tubuh. Otot-otot tubuh pun lebih fleksibel dengan melakukan yoga secara rutin.

2.Hatha Yoga

Hampir semua yoga termasuk dalam kategori Hatha Yoga. Dimana gerakkannya fokus untuk menyelaraskan antara fisik dengan pernapasan. Jenis-jenis Hatha Yoga antara lain Ashtanga, Power Yoga, Vinyasa, dan Iyengar.

Hatha Yoga
Hatha Yoga (thriveglobal.com)

Gerakannya identik dengan memainkan tempo, menjadi tenang dan melambat. Manfaat dari latihan Hatha Yoga membuat kamu mendalami setiap postur tubuh lebih baik.

3.Ashtanga Yoga

Dibandingkan gerakan yoga lainnya, Ashtanga Yoga yang paling dinamis. Bahkan, beberapa kali melakukan gerakan atletik dan sangat intens. Yoga satu ini dapat dilakukan dengan panduan dari instruktur dan berlatih dari pedoman panduan.

Gerakan Ashtanga Yoga
Gerakan Ashtanga Yoga (medium.com)

Ternyata, latihan Ashtanga Yoga juga memerlukan dedikasi tinggi. Hasilnya sangat terasa terhadap peningkatan kualitas mental dan fisik. Sangat direkomendasikan bagi kamu yang menyukai kegiatan atletis.

4.Vinyasa Yoga

Vinyasa Yoga juga menyajikan gerakan yang dinamis. Pasalnya, perlu gabungan gerakan antara postur, fisik, dan pernapasan. Umumnya, latihan Vinyasa Yoga bertempo cepat dan freestyle, tidak ada gerakan baku.

Vinyasa Yoga
Vinyasa Yoga (thenzone.com)

Apabila kamu mengikuti kelas Vinyasa Yoga biasanya instruktur akan mengarahkan per sesinya. Contoh, sesi hari Selasa untuk memperkuat otot lengan. Dalam satu sesi kamu akan mendapat gerakan yang berpengaruh pada semua bagian tubuh loh.

5.Iyengar Yoga

Iyengar Yoga memuat gerakan yang fokus utamanya pada presisi postur. Intinya, sangat memperhatikan anatomi tubuh dengan mendetail. Metode gerakan yang diterapkan pun tergolong lebih sistematis. Iyengar Yoga juga menggunakan alat pendukung, seperti blok dan wallrope.

Iyengar Yoga
Iyengar Yoga (iyila.org)

Manfaat dari postur Iyengar Yoga untuk mengupgrade kekuatan tubuh, stabilitas, dan fleksibelitas. Selain itu, dipercaya sebagai gerakan terapi pada saat tubuh mengalami kondisi tertentu. Jenis yoga yang satu ini sangat populer dengan gerakan detailnya loh!

6.Kundalini Yoga

Kundalini Yoga merupakan latihan yang menggabungkan unsur spiritual dan fisik. Kamu akan menyelaraskan teknik pernafasan dengan postur tubuh. Bahkan, beberapa Kundalini Yoga juga mempelajari mantra-mantra.

Kundalini Yoga
Kundalini Yoga (tabularasaretreat.com)

Sangat bermanfaat untuk menjaga vitalitas tubuh. Kundalini Yoga akan membawa kamu mempertajam intuisi, pikiran, dan energi. Sehingga, lebih mengenal diri sendiri secara spiritual.

Jenis-jenis latihan yoga sebenarnya masih banyak lagi. Namun, yang banyak peminatnya adalah 6 jenis yoga paling populer diatas. Supaya lebih memperdalam gerakan yoga, ada baiknya berlatih dengan instruktur ataupun guru. Tidak lupa dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal.

Rosalina Pertiwi

Related post