Keluarga Indonesia Tetap Bahagia Terus di Rumah, Ini 7 Rahasia Social Distancing

 Keluarga Indonesia Tetap Bahagia Terus di Rumah, Ini 7 Rahasia Social Distancing

Berkumpul Bersama Keluarga (kanal247.com)

Sudah berhari-hari di dalam rumah siapa yang tidak jenuh? Imbauan pemerintah kepada perusahaan dan masyarakat ini wajib dipatuhi agar penyebaran virus corona tidak semakin luas. Kini setiap orang melakukan social distancing dengan berdiam diri di rumah masing-masing. Bosan? Tentu saja rasa ini melanda dan tidak bisa ditolak. Daripada stres karena tidak bisa hangout, ternyata sebagian besar keluarga Indonesia melakukan 7 rahasia social distancing. Alhasil, menjadi lebih bahagia dan menikmati waktu di rumah bersama orang-orang terkasih.

Intip 7 Rahasia Menjalani Social Distancing

Love Dari Rumah

Terkurung dalam rumah hingga 3 hari mungkin masih betah. Namun, apa jadinya jika harus dirumah hingga berminggu-minggu? Tanpa pergi ke kantor, tidak berinteraksi langsung dengan teman, tidak bisa pergi ke mall, dan melakukan segudang aktivitas lain di luar rumah. Supaya tidak bosan intip 7 rahasia bahagia meskipun terus-terusan dirumah.

1. Membuat Makanan Bergizi

Bahan-bahan Makanan Sehat
Bahan-bahan Makanan Sehat (soloensis.com)

Selama ini jajan dan sarapan diluar tanpa tahu konsekuensinya. Kini waktu yang tepat merubah pola makan kurang sehat. Menelan makanan dari luar tanpa mempertimbangkan gizi dan nutrisi akan mempengaruhi kesehatan dan kebahagiaan. Resikonya bisa terserang penyakit diabetes, kardiovaskular, obesitas, kecemasan, hingga berujung depresi.

Berdiam di rumah membuat waktu membuat makanan lezat serta bergizi lebih banyak. Kamu pun bisa memilih makanan dengan gizi seimbang seperti kaya akan berbagai vitamin, zat besi, mineral, dan selenium.

Rekomendasi makanan yakni salad sayur dan salad buah. Selain itu, dapat membuat minuman segar seperti yogurt, kefir, dan jus-jus buah. Makanan yang kaya vitamin rupanya bisa mendorong produksi hormon kebahagiaan. Makanan inilah yang mengandung vitamin B6, B12 dan B9 (folat).

2. Olahraga Teratur

Gym Meningkatkan Kebugaran dan Imunitas Tubuh
Gym Meningkatkan Kebugaran dan Imunitas Tubuh (bola.com)

Di rumah saja bukan berarti harus tidur dan bermalas-malasan. Justru kedua aktivitas tersebut mendatangkan potensi stres. Atasi dengan berolahraga untuk melepaskan bahan kimia yang sudah lama mengendap dalam tubuh. Ada berbagai manfaat dari berolahraga, diantaranya mengurangi rasa cemas, stress, dan meningkatkan kemampuan kognitif. Sehat itu mahal loh, kalau sakit justru kamu akan nangis karena tidak produktif dan mengeluarkan biaya pengobatan.

Baca Juga :  Biar Cepat Jadian, Ikuti 7 Tips PDKT Ketika LDR

World Health Organization (WHO) sendiri menganjurkan waktu olahraga ideal setiap hari yakni selama 30 menit. Kamu pun bisa membaginya menjadi 10 menit pagi hari, 10 menit sore hari, dan 10 menit ketika malam hari. Lakukan olahraga indoor seperti naik-turun tangga, berlari dihalaman atau dalam ruangan beberapa putaran, lompat-lompat menggunakan skiping, yoga, dan lainnya. Manfaat utama olahraga di musim corona ini untuk memperkuat imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

3. Mencukupi Waktu Tidur

Mencukupi Waktu Tidur
Mencukupi Waktu Tidur (fimela.com)

Sumber kebahagiaan dari dalam diri lainnya adalah waktu tidur yang cukup. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa sekitar 6-8 jam per hari. Apabila kamu bekerja di kantor dan lembur tentunya sulit mendapatkan waktu tidur nyenyak setiap harinya. Jadi, manfaatkan waktu di rumah untuk tidur siang dan tidur malam.

Banyak penelitian dan jurnal kesehatan mengatakan tidur yang cukup bisa membersihkan racun tubuh dan memperbaiki jaringan sel. Orang yang kurang tidur

bisa mengurangi kesejahteraan psikologis dan kecerdasan emosi. Berdiam diri di rumah bisa digunakan untuk memperbaiki pola tidur. Jangan lupa mengurangi paparan layar smartphone dan komputer ketika akan tidur di malam hari.

4. Mendekorasi Rumah

Penataan Interior Ruangan
Penataan Interior Ruangan (rumahhokie.com)

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu di rumah untuk mendekorasi ruangan. Dekorasinya tidak perlu dibeli keluar rumah, buat dengan DIY. Modalnya yakni barang-barang bekas dan kuota internet untuk menonton tutorial dari Youtube. Apabila ada dekorasi yang harus dibeli dari luar, bisa diakali dengan berbelanja online.

Ruangan-ruangan di dalam rumah yang gayanya itu-itu saja pun bisa diperbaharui sesuai keinginan. Misalnya, menyulap menjadi gaya minimalis, country, vintage, retro, dan lainnya. Kamu bisa mengawali perbaharuan dekorasi rumah dengan mengubah warna cat dinding dan atap. Selain itu, dapat menambahkan hiasan dinding, lantai, sentuhan furnitur kecil, dan mengganti tirai akan mengubah suasana ruangan.

Baca Juga :  Satpam Dirumahkan Saat Wabah Corona, Tetap Menghasilkan Pundi-Pundi Uang

5. Berkebun Bersama Keluarga

Berkebun Bersama Anak
Berkebun Bersama Anak (lifestyle.okezone.com)

Jika hari-hari kerja biasa tentunya tidak memiliki banyak waktu untuk berkebun. Inilah saatnya mulai bercocok tanam bersama keluarga terutama mengajak anak-anak. Hal tersebut juga bisa menjadi pembelajaran bagi anak. Disamping itu, menurut penelitian dari PubMed Central J Community Health (2012) mengemukakan bahwa dengan berkebun bisa menguatkan hubungan antar anggota keluarga.

Bagi anak dan orang tua yang sudah terbiasa berkebun akan terbangun ikatan batin mendalam dan kuat. Hal ini terjadi karena waktu interaksi lebih banyak, orang tua bisa menanamkan nilai-nilai positif yakni belajar mencintai alam, menjaga lingkungan, bersabar, dan bertanggung jawab. Anak-anak akan memperoleh pengetahuan umum dan praktek bercocok tanam dari learning by doing.

6. Meeting Online

Meeting Online
Meeting Online (katadata.co.id)

Bagi yang terkena work from home masih ada kewajiban menyelesaikan pekerjaan. Salah satunya meeting online untuk berkomunikasi dengan atasan maupun pegawai lainnya. Ketika meeting usahakan jaringan seluler kuat, baterai terisi penuh, dan suasana kondusif. Meskipun pertemuan dilakukan dengan online, tetap harus menyediakan pulpen dan buku catatan untuk mencatat informasi penting. Usahakan minimal 15 menit sebelum meeting dimulai sudah standby dan koneksi internet tidak ada gangguan.

7. Mengembangkan Hobi

Belajar Menjadi Chef Pria
Belajar Menjadi Chef Pria (wisklik.com)

Kamu juga memiliki banyak waktu mengembangkan hobi loh. Bahkan, bisa membuat semakin suka dengan hobi yang dimiliki. Misalnya hobi bermain gitar dan bernyanyi bisa kamu lakukan dengan kreatif yakni berkolaborasi melalui sosial media dan mengunggahnya di akun YouTube. Wah, bisa-bisa video unggahan kamu ditonton banyak orang dan mendatangkan pundi-pundi rezeki. Sama halnya dengan hobi menulis dan membuat kerajinan tangan dapat dikembangkan lagi menjadi pendapatan loh! Selain jadi bahagia, mengembangkan hobi juga mendatangkan passive income.

Meskipun sedang dirumah bukan berarti kamu terbelenggu stress dan bermalas-malasan. Kamu juga dapat melakukan rekomendasi aktifitas dari 7 rahasia social distancing diatas agar hidup bahagia. Yuk lakukan dan ajak keluarga kamu.

Rosalina Pertiwi

Related post