Satpam Dirumahkan Saat Wabah Corona, Tetap Menghasilkan Pundi-Pundi Uang

 Satpam Dirumahkan Saat Wabah Corona, Tetap Menghasilkan Pundi-Pundi Uang

Potret Satpam Berdoa (palu.tribunnews.com)

WFH sontak menjadi sesuatu menakutkan karena banyak karyawan yang tidak menerima gaji penuh. Sama halnya dengan seorang pria berprofesi satpam menjadi viral karena video amatiran yang beredar. Dalam video unggahan sosial media temannya pada Senin 30 Maret 2020, Satpam tampak membuka sepucuk surat. Beberapa saat kemudian ia berlinang air mata setelah membaca isi surat mengenai pemberitahuan bahwa karyawan dan satpam dirumahkan saat wabah corona.

Terlihat dari aplikasi TikTok, video viral ini tertulis “Surat perintah dirumahkan. Tanpa gaji. Ya Allah…. Mau bulan puasa dan Lebaran. Maaf Istriku Suamimu jadi Pengangguran”. Malang tidak bisa Satpam tolak, akhirnya dengan berat hati menerima waktu libur selama 2 bulan di rumah.

Namun, Satpam dan teman-temannya termasuk masih bernasib mujur karena karyawan dari banyak perusahaan lain terancam terkena Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK. Langsung saja. Ia pun pulang dengan wajah lesunya sekaligus memberikan kabar duka ini ke sang istri Istri.

Love Dari Rumah

Ketika mengatakan dirinya dirumahkan karena wabah COVID-19 yang semakin merajalela, Satpam berusaha menyampaikan dengan hati-hati. Mengejutkan reaksi dari istrinya karena tidak mengamuk ataupun marah-marah. Justru istri mendukungnya untuk terus dirumah. Apakah ini masuk akal? Awalnya sih ia tercengang hingga kehabisan kata-kata. Beberapa detik SHOCK, namun sang istri pun menjelaskan masih banyak pekerjaan menghasilkan uang yang dapat dikerjakan dari rumah.

“Mas jangan khawatir dan tidak perlu stres, mendapat uang kan tidak harus bekerja kantoran” ujar Istri.

Satpam pun menjawab “Lah kamu ini gimana toh dek, kita nanti makan apa, wong aku 2 bulan ngak dapet gaji. Ini udah mau masuk bulan puasa dan abis itu lebaran”.

Istri tetap berusaha menegarkan dan memberitahu suaminya. Ia mengatakan “Udah ah mas ngak perlu pusing, ini aku kasih tau ke kamu gimana dapet uang tanpa harus keluar rumah. Kamu tau ngak aku dapet tambahan uang dari mana selama ini buat mencukupi kehidupan kita?”.

Baca Juga :  Biar Cepat Jadian, Ikuti 7 Tips PDKT Ketika LDR

Mendengar hal itu ia bingung dan diam seribu bahasa. Bahkan muncul pemikiran aneh karena selama ini istrinya hanya ibu rumah tangga. Melihat reaksi suaminya, sang istri langsung menambahkan “Mas aku tuh berusaha bantuin keuangan keluarga kecil kita. Maaf kalau belum ngasih tau kamu. Alhamdulillah selama ini aku kerjanya dari rumah pake smartphone dan komputer itu yang ngak ke pake”.

Rupanya sang istri sudah mencoba berbagai pekerjaan berikut ini. Setelah istri menjelaskan panjang lebar, suaminya pun langsung bertindak. Tidak lagi menunggu janji dari pemerintah, Satpam yang kondisinya sudah dirumahkan akhirnya mencoba pekerjaan berikut ini.

Menjadi Asisten Virtual

Asisten Virtual
Asisten Virtual (adevarul.co)

Pekerjaan pertama yang dicoba oleh satpam dengan menjadi asisten virtual sebuah website. Modalnya cukup koneksi intenet, baterai smartphone penuh, dan smartphone sendiri. Ia pun mencari lowongan dari berbagai situs online dan akhirnya dengan perjuangan panjang berhasil direkrut.

Beruntung ia tidak kudet, ia termasuk bapak kekinian yang lancar bermain smartphone. Jadi, masuk kualifikasi pekerja lepas yang tugasnya menjawab seputar QnA, mencari penulis website, dan melayani semua pertanyaan dari calon pembeli.

Dilihat dari jam kerjanya sangat fleksibel, berbeda jauh

ketika menjadi satpam. Ia hanya diharuskan standby didepan smartphone dari pukul 08.00 WIB-14.00 WIB. Pekerjaannya pun cukup santai karena bisa diselingi dengan pekerjaan lainnya.

Bimbingan Online

Bimbingan Pembelajaran Online
Bimbingan Pembelajaran Online (quipper.com)

Berbekal sertifikat pelatihan Security dan pengalaman bela diri hingga sabuk hitam, ia memutuskan untuk membuka kursus online. Tentunya sebagai tutor, jadi ia bergabung di beberapa situs populer yakni zenius.net, tutor.com, Quipper Video dan membagikan ilmunya melalui video unggahan.

Aktifitas barunya ini sangat efektif karena jam kerjanya tidak terikat. Akhirnya setelah mendapatkan beberapa murid, berhasil memperoleh uang tambahan dari jasa tutorial yang ia tawarkan.

Membuat Blog

Profesi Blogger
Profesi Blogger (thidiweb.com)

Melihat sang istri ternyata memiliki sampingan sebagai blogger membuat ia pun ingin mencobanya. Menariknya blog yang dikembangkan yakni blog pemasaran produk. Konten blog pun beragam, mulai dari video kreatif, artikel, review produk, dan memasarkan produk dari distributor langsung.

Baca Juga :  Keluarga Indonesia Tetap Bahagia Terus di Rumah, Ini 7 Rahasia Social Distancing

Tampilan blognya pun sangat cantik dan menarik bagi pembaca, sang istri juga memperoleh pendapatan dari Google Adsense. Hal inilah yang membuat dirinya geleng-geleng karena tidak menyangka istri memperoleh nominal uang tambahan yang cukup menggiurkan. Memang profesi Blogger tidak heboh seperti Vlogger di YouTube, tetapi jika diakumulasikan pendapatannya terbilang besar.

Sosial Media Manajemen

Sosial Media Untuk Keperluan Bisnis
Sosial Media Untuk Keperluan Bisnis (dewaweb.com)

Sang istri ternyata sangat update, kini mendapat julukan ‘Bukan Ibu Rumah Tangga Biasa’. Memanfaatkan smartphone dan kuota, istrinya melakukan sosial media manajemen. Dimana bertindak menjalankan bisnis online berupa reseller produk. Pantas saja selama ini tidak terlihat apa yang dijualnya.

Istri menawarkan berbagai barang dari distributor kepada orang-orang didunia maya. Sosial media yang ia gunakan seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan akun e-commerce lainnya. Jadi, cukup memantau apakah ada calon pembeli, membalas pertanyaan dari calon pembeli, dan mengupdate produk-produk.

Membuat Hasil Kerajinan Tangan

Kreatifitas DIY Sangat Menarik
Kreatifitas DIY Sangat Menarik (yukepo.com)

Membuat kerajinan tangan DIY juga menjadi salah satu penghasilan yang menggiurkan. Pemasarannya pun dilakukan secara online, tidak perlu repot-repot keluar rumah. Seperti istri membuat kerajinan pernak-pernik dan perabotan lain dari barang-barang yang tidak terpakai.

Hasil kerajinan tangan ini berupa tirai, bingkai foto, tempat perhiasan dan pajangan cantik. Memang jika dibayangkan sangat sederhana, tetapi harga jualnya tinggi dan banjir peminat.

Satpam Dirumahkan Saat Wabah Corona Tetap Berpenghasilan

Mata Uang Rupiah
Mata Uang Rupiah (solopos.com)

Jadi, dari sini diambil hikmahnya bahwa berdiam diri dirumah bukanlah hal buruk. Selain itu, tidak perlu menunggu uluran tangan dari orang lain untuk mencari uang. Istrinya menunjukkan kepada suami dan orang-orang bahwa di rumah saja masih bisa bekerja dan mendapatkan rezeki halal. Wah, siapa sih yang tidak tertarik? Bisa #LDR Love Dari Rumah bersama istri dan masih menghasilkan pundi-pundi hampir setara UMR.

 

Rosalina Pertiwi

Related post