Viral A Team Awkarin Tidak Tahu Etika Bisnis

 Viral A Team Awkarin Tidak Tahu Etika Bisnis

Siapa yang tidak mengenal Awkarin alias Karin Novilda. Salah satu influencer paling populer di Indonesia dan didaulat sebagai ratu endorse. Dibalik kesuksesannya di media sosial, nyatanya baru-baru ini viral A Team Awkarin tidak tahu etika bisnis. Management bentukannya terciduk memanfaatkan ‘impression’ selebram ini. Semata-mata agar mereka dapat memperoleh sesuatu dengan gratis.

Influencer Menukar Exposure Sudah Biasa

Sewa tempat berbayar exposure
Sewa tempat berbayar exposure (www.indozone.id)

Para influencer bangga akan jumlah followers media sosial mereka, sebab dinilai dapat memperoleh keuntungan material dan popularitas. Misalnya saja influencer mendapat loyalty dari promosi produk hingga barter exposure.

Sebelumnya, pernah kejadian seorang influencer meminta 500 buah risol. Namun sayangnya, sang influencer menawarkan untuk pembayaran dilakukan olehnya dengan melakukan 3 postingan Instastory dan 3 feed Instagram. Mengetahui perlakuan influencer tersebut, jelas membuat pembuat risol naik pitam dan balik menyerangnya.

Penjual risol juga mencoba jelaskan kepada influencer tidak semua barang bisa didapatkan secara gratis dengan promosi. Artinya, memiliki banyak followers Instagram, tidak otomatis bisa memperoleh banyak hal secara cuma-cuma.

Baca Juga :  Pesona Awkarin Dalam Balutan Hijab Ketika Berlibur Di Aceh

Viral A Team Awkarin Barter Exposure

A Team x Awkarin
A Team x Awkarin (spiceee.net)

Beberapa waktu yang lalu hal kurang mengenakkan dialami oleh @ajung.scamy. Pasalnya, A Team bentukan Awkarin berniat mendapatkan makanan gratis dari resto Ha**chi, tetapi dengan bayaran promosi.

Melalui postingan Instagram story, ia membagikan capture foto yang menunjukkan bagaimana A Team mencoba memesan sebuah resto di Jakarta. Adapun keperluan mereka untuk melakukan promosi projek Daniella Kharisma  dan Gangga

Kusuma yang bertajuk ‘Kharisma Kusuma’.

Pihak A Team sendiri menjelaskan pembayaran yang akan dilakukan dengan ‘exposure’. Dimana akan membayarnya berupa promosi resto oleh semua talent, termasuk Awkarin juga akan hadir.

Tidak tinggal diam akun @ajung.scamy pun membalas melalui WhatsApp pribadinya kepada A Team, “Exposure (emoticon tertawa). Kira-kira exposure kalau dijadikan rupiah valuenya berapa ya?”. Pemilik akun instagram pribadi @ajung.scamy merasa permintaan dari A Team sangat tidak nalar.

Lantas, ia lalu mengunggahnya screenshot ke Instagram Story hingga viral. Awkarin sendiri merasa tak terima dengan perlakuan yang didapatkan timnya dan menghubungi @ajung.scamy secara langsung.

Penjelasan Langsung Dari Ajung

Potret Karin Novilda
Potret Karin Novilda (HiTekno.com)

Dilansir dari lifestyle.okezone.com, mengetahui kisahnya viral Ajung langsung dihubungi oleh media online tersebut melalui DM Instagram resminya pada Rabu (15/8/2019).

Baca Juga :  Awkarin Ajak Masyarakat Bersih-Bersih Sampah Sisa Unjuk Rasa, Yuk Ikutan!

Ajung membenarkan postingannya tersebut, ia merasa kecewa terhadap sikap A Team kepada pihak resto. Ia juga tidak memungkiri exposure memiliki efek bagi bisnis, tetapi sebaiknya harus disikapi dengan bijak terkait exposure terhadap buying decision.

Ia menjelaskan, “Ok, jika belajar marketing, ada namanya exposure yang dapat diconvert menjadi buying decision. Misalnya, influencer promo, berapa persen kemungkinan costumer membeli maupun menggunakan jasa dari promotor. Ada 2 efeknya yaitu image dan sales.” Dari sinilah Ajung menilai bahwa A Team kurang memahami etika bisnis.

Rosalina Pertiwi

Related post